h1

REGULASI PIKAP DAN DOBEL KABIN DI KAWASAN BISNIS JAKARTA

November 19, 2007

Tulisan diambil dari majalah MOTOR edisi 315 h.164-166, penulis: Rendy

BEBAS BERTANGGUNG JAWAB

Peraturannya sama dengan mobil barang

Kini eranya mobil pikap dan dobel kabin merajalela di jalanan kota-kota besar. Tampangnya sangar, bisa muat cukup penumpang, fitur dan teknologinya makin canggih serta bisa muat barang banyak. Pokoknya multifungsi. Terbukti pihak pabrikan otomotif terus melansir produk-produk barunya seperti Mitsubishi Triton, Nissan Navara, Isuzu D-Max, dan Toyota Figo Hilux.

http://www.motordesktop.com/wallpaper/general/Toyota%20HiLux%202007%201%20-%201024×768.jpg
motordesktop.com

Namun banyak kesimpang siuran masalah pembatasan jalan kendaraan jenis ini di beberapa jalan protokol Jakarta, seperti pertanyaan, “Gosipnya mobil D-Cab enggak boleh lewat Sudirman, apa benar ya?” tanya Oeke Sobarin, pemilik Isuzu D-Max 2007. Atau Ronny, pemilik Toyota Hilux Vigo D-Cab yang malah bilang kalau doi bebas masuk jalur cepat di kawasan Sudirman-Thamrin. Wah, mana yang benar?
Baca entri selengkapnya »

h1

Spion dalam Garson Luxury Mirror

November 14, 2007

Mo numpang jual spion dalam merek Garson Luxury Mirror (asli Jepang). Detail barang: seken kondisi 100% (belum pernah dipake). warna putih dengan kristal-kristal dari Swarovski.

spion

Jual murah aja Rp 750.ooo nett, klo minat kontak gw aja (rendy) di 08562204374

h1

TRAVEL BANDUNG JAKARTA

November 10, 2007

TRAVEL BANDUNG-JAKARTA

Adanya jalan tol Cipularang bikin bisnis transportasi (travel) khususnya trayek Bandung-Jakarta dan sebaliknya makin menjamur. Apalagi dengan waktu 1,5-2 jam saja, kita sudah sampai pintu gerbang tol masuk ke kota yang kita inginkan. Sebagai informasi, gue coba mendata beberapa perusahaan travel yang bisa mengantar kita pulang-pergi dari Jakarta-Bandung PP.

Catatan yang gue tulis di bawah ini punya sistem point to point (penumpang diantar-jemput di salah satu point). Buat keterangan lebih lanjutnya soal harga dan jadwal keberangkatan, cobain aja deh kontak langsung. Semoga membantu teman-teman yang ingin bepergian. (rendy)
Baca entri selengkapnya »

h1

Rockabilly & Otomotif

Oktober 8, 2007

ROCKABILLY DAN OTOMOTIF

Apa sih yang disebut rockabilly? Menurut beberapa situs yang berkonsentrasi terhadap aliran rockabilly, menyebut kalau aliran ini merupakan akar dari musik rock & roll berasal dari Amrik. Merupakan campuran khas dari musik blues, country serta gospel.

Penganut aliran rock & roll antara lain; Elvis Presley, Carl Perkins, Ricky Nelson, Buddy Holly, Charlie Feathers, The Crickets, Stray Cats, serta Johnny Powers. Gaya pakaianpun punya ciri sendiri, misalnya saja rambut jambul (Calypso) yang tegak berdiri mirip John Travolta dalam film Grease, jaket kulit, sepatu snickers seperti Converse All Stars. Untuk yang cewek pakai kaos oblong atletik, sweater, syal dan sepatu hak rata. Di Indonesia sendiri, salah satu band asal Bali yang bergaya musik seperti ini adalah The Hydrant.

Nah, aliran musik biasanya punya koneksi kuat dengan gaya hidup otomotif. Seperti rockabilly yang merupakan musik murni khas Amerika, gaya hidup otomotifnya juga kental dengan nuansa mobil-mobil Amerika lawas tahun 50-an yang punya gaya hot rod atau rat rod. Makanya mobil-mobil seperti Chevy Impala, Bel Air, Deluxe, serta Ford Mercury jadi mobil favorit gaya ini.
Baca entri selengkapnya »

h1

TRAFFIC JAM (SUPERSEMRAWUT) ON KEBON JERUK

Oktober 5, 2007

TRAFFIC JAM (SUPERSEMRAWUT) ON KEBON JERUK

Superbuset deh! Hari ini tanggal 5 Oktober alias 8 hari menuju Hari Raya pertigaan kebon Jeruk yang biasa disebut pertigaan Relasi semrawut abis. Seperti yang ditakutkan teman-teman kantor, kalau jalan raya Panjang kebon Jeruk bakal dilewati jalur bus way koridor ‘entah’ dengan perkiraan rute Kalideres-Lebak Bulus itu TERJADI.

Bukan menentang pemerintahan kota, namun mbok ya dipikir2, jalanan Kebon Jeruk-Arteri Pondok Indah-Pondok Indah sudah macet di hari-hari biasa, kini ditambah penyempitan lajur paling kanan untuk si Bus Way.

 

Baca entri selengkapnya »

h1

velg-velg retro

Oktober 1, 2007

Diambil dari Majalah MOTOR edisi 282, penulis: rendy, foto: rendy

MASIH JADI HARTA KARUN?

Enkei, Cheviot, Speedline, Potenza Rally, memang label velg-velg lawas yang sempat kesohor di periode 80’an. Jadul sih, tapi jangan salah, sepatu-sepatu yang kebanyakan berukuran 13 – 15 inci ini punya fans-fans berat. “Biasanya velg-velg tahun 80’an tipenya reli dan balap, paling banyak dicari orang Enkei Limited Compe,” bilang Peter Jacobs, salah satu fans berat velg-velg retro. Ibarat harta karun atau collector item, tak jarang velg-velg ini dipakai untuk menghiasi ruang tamu maupun bengkel.

velg-kecil1.jpg

Masalah harga sebenarnya tidak ada patokannya, tapi sebagai ancar-ancar harga berkisar mulai dari Rp 500 ribu – 3 jutaan. Biasanya harga tergantung dari kondisi velg. ‘Kalau peang-peang dikit it’s okelah, tapi kalau retak-retak atau somplak bisa tawar-tawar dulu,” bilang Mr. R, seorang maniak velg lainnya yang punya 30 set velg lawas didalam gudangnya.

Ditambahkan Mr.R, velg-velg yang beredar di tahun 80’an di Indonesia kebanyakan velg Jepang, dihubungkan dengan kondisi tren yang lebih didominasi oleh merek Toyota dengan Corolla DX-nya. “Ada yang 3 piece, biasanya kandungan titaniumnya lebih banyak, sedangkan yang one piece biasanya bahannya dari Magnesium,” kata Peter Jacobs, juragan bengkel modifikasi Jacobson di bilangan Deplu Raya, Jakarta Selatan.

Lalu dimana mesti mendapatkannya? “Wah, kalau beberapa tahun lalu, di pinggiran jalan daerah Tanah Abang memang banyak, tapi sekarang jarang banget, mungkin banyak velg yang dilebur dan ditimbang sekarang,” kata Peter.

“Saya juga dapat di jalan, kalau ada mobil yang pakai velg retro, saya stop lalu langsung nawar velgnya,” kekeh Mr. R. Waduh susah dong carinya? Memang, tapi fenomena ini memang ada, yang pasti sebagian orang masih menganggap velg-velg retro sebagai harta karun. Apakah akan menjadi tren yang terulang? Lalu bagaimana cara pilih velg-velg tersebut? Ada yang mau bantu komentar? Rendy

h1

Rumus velg + ban gede di SUV

September 28, 2007

Tulisan ini diambil dari Majalah MOTOR edisi 312, penulis:Rendy

RUMUSAN CANGGIH

Baca dulu informasi lengkap ini sebelum berangkat ke gerai velg

Langkah utama serta paling awal mendandani SUV bergaya SUVERSTAR adalah aplikasi kaki-kaki raksasa. Peluang untuk memodifikasinya pun sangat besar, itu karena populasi velg-velg serta ban gambot SUV makin banyak di pasaran. Ayo, bigger is better! Tapi, sebelum siap-siap berangkat ke gerai velg, siapkan dulu informasi lengkap tentang SUV kamu. Dan, kebet dulu rumusan-rumusan canggih dari beberapa gerai velg terpercaya ini sebagai panduan kamu.

RUSH-TERIOS

rush.jpg

ª Velg standarnya duo kembar ini berdimensi 16 x 6,5 inci, dengan spek lubang/PCD-nya 5/114,3, ban yang dipakai Bridgestone Dueler H/T 215/65R16

ª Dimensi ofset & lebar velg yang pas tanpa banyak ubahan, ofset 45 dan lebar 8 atau 8,5 inci.

ª Kalau mau naik 2 inci dari standar dengan bantingan yang cukup empuk bisa pakai velg 18 x 8 inci dengan ban 235/50R18. Kalau pilihannya velg 19 inci, coba spek 19 x 8,5 inci dengan pasangan ban 245/40ZR19.

ª Velg 20 inci bisa masuk tanpa banyak ubahan. Pilihan dimensinya adalah 20 x 8,5 inci, bisa dipasangkan dengan ban 245/40ZR20 atau 245/35ZR20

ª Kalau diteliti, ada sedikit panel plastik didalam bemper depan yang bisa dihilangkan agar gerak ban 245/40ZR20 tambah leluasa

SUZUKI GRAND VITARA

ª Grand Vitara punya ukuran lubang/PCD 5/114,3

ª Ofset serta lebar velg yang pas tanpa banyak ubahan adalah ofset 45 dan lebar 8,5 atau 9 inci.

ª Kalau opsi velg 18 inci yang dipakai, coba spek 18×8,5 inci dengan ban empuk 255/55R18. kalau dimensi 20 inci yang akan dipakai coba pakai 20×8,5 inci dengan ban 255/45ZR20

ª Dimensi 22 inci cukup banyak disukai para pemilik Grand Vitara. Pilihan ukuran velgnya 22×9,5 inci atau 22×10 inci. Buat yang suka tapak lebar coba pakai 295/30ZR22. sedang ukuran ban 265/35ZR22 banyak dipasaran.

NEW HONDA CR-V

ª CR-V punya ukuran lubang/PCD 5/114,3.

ª Dimensi ofset dan lebar velg sesuai, tanpa banyak ubahan adalah ofset 45 atau 40 dan lebar tidak lebih dari 9 inci.

ª Buat yang demen pakai velg 19 inci, coba pakai velg spek 19×7,5 inci dengan ban 245/45ZR19. Yang suka pakai ukuran 20 inci, speknya bisa 20×8,5 dengan ofset 50 dan ban 265/45ZR20.

ª Maniak velg gambot 22 inci bisa pakai spek velg 22×9 inci, dengan ban dengan ukuran 255/35ZR22 atau 265/45ZR22.

TOYOTA FORTUNER

ª Toyota Fortuner punya ukuran lubang/PCD 6/139,7

ª Ofset serta lebar velg yang pas tanpa banyak ubahan adalah ofset 15 dan lebar 8,5 atau 9 inci.

ª Kalau opsi velg 20 inci yang dipakai, coba spek 20×8,5 inci atau 20×9 inci. Untuk ukuran ban sebenarnya bisa pakai 265/50ZR20, hanya Bowo kasih saran, “Idealnya ukuran tapak ban lebih besar dari ukuran standarnya, rekomendasi 275/45ZR20 atau 285/50ZR20.”

ª Yang suka pakai velg 22 inci bisa pakai lebar yang sama seperti spek 20 inci, yaitu 22×9 inci, ban yang dipakai 285/40ZR22.

ª Buat pencinta ukuran yang tidak biasa, ada opsi ukuran 23 dan 24 inci. Speknya 23×20 inci atau 24×20 inci. Pilihan bannya 285/35ZR223 atau 295/30ZR24. Untuk opsi ini perlu sedikit penyesuaian pada fender bagian dalam.

CHEVROLET CAPTIVA

ª Captiva punya ukuran lubang/PCD yang cukup langka yaitu, 5/115, tapi tenang elu bisa pakai velg berspek 5/114,3 yang banyak di pasaran.

ª Triknya, perlu ada pelebaran lubang baut pada velg. Trik ini sudah dilakukan sebagian pemilik Captiva di gerai-gerai velg. Perhatikan proses pelebaran lubang bautnya, usahakan velg tetap center dan tak goyang atau oblak.

ª Dimensi pas yang sering dipakai adalah 20×8,5 inci atau 20×9 inci dengan ban 255/45ZR20. kalau dinding ban mau sejajar dengan fender, pakai offset 40.

ª Kalau ukuran 22 inci yang dipakai, coba ukuran 22×8,5 inci atau 22×9 inci dengan ban 255/35ZR22, offset 40