h1

Rockabilly & Otomotif

Oktober 8, 2007

ROCKABILLY DAN OTOMOTIF

Apa sih yang disebut rockabilly? Menurut beberapa situs yang berkonsentrasi terhadap aliran rockabilly, menyebut kalau aliran ini merupakan akar dari musik rock & roll berasal dari Amrik. Merupakan campuran khas dari musik blues, country serta gospel.

Penganut aliran rock & roll antara lain; Elvis Presley, Carl Perkins, Ricky Nelson, Buddy Holly, Charlie Feathers, The Crickets, Stray Cats, serta Johnny Powers. Gaya pakaianpun punya ciri sendiri, misalnya saja rambut jambul (Calypso) yang tegak berdiri mirip John Travolta dalam film Grease, jaket kulit, sepatu snickers seperti Converse All Stars. Untuk yang cewek pakai kaos oblong atletik, sweater, syal dan sepatu hak rata. Di Indonesia sendiri, salah satu band asal Bali yang bergaya musik seperti ini adalah The Hydrant.

Nah, aliran musik biasanya punya koneksi kuat dengan gaya hidup otomotif. Seperti rockabilly yang merupakan musik murni khas Amerika, gaya hidup otomotifnya juga kental dengan nuansa mobil-mobil Amerika lawas tahun 50-an yang punya gaya hot rod atau rat rod. Makanya mobil-mobil seperti Chevy Impala, Bel Air, Deluxe, serta Ford Mercury jadi mobil favorit gaya ini.

Kenapa aliran musik serta gaya modifikasi mobil ini bisa terkenal sampai mendunia. Itu karena, di beberapa kota di Amrik, banyak digelar pesta musik rockabilly serta pameran mobilnya. Contohnya saja gelaran tahunan Rockabilly Rod Reunion di Las Vegas Motor Speedway 6 Oktober 2007 mendatang, yang diramaikan pameran mobil hot rod dan Kustom Kulture.

Perkembangan gaya mobil rockabilly style diluar Amerikapun tumbuh subur, mulai dari Eropa sampai Asia sekalipun. Bahkan di Jepang, aliran seperti ini punya komunitas musik, mobil serta bengkel modifikasi khusus. Bagaimana di Indonesia? Memang belum berkembang seperti di Jepang, namun bibit-bibitnya sudah mulai muncul.

Ingat, Chevrolet 210 milik Rudi Ibrahim asal Bandung, atau Ford F1 dan Ford Model A yang dimodifikasi Veroland? Ketiganya punya gaya rat rod yang hampir sama. Keluar dari jalur vintage yang jadi jalur utama restorasi mobil-mobil lawas Amerika.

Yang jadi kendala dalam perkembangan gaya-gaya modifikasi mobil Amerika adalah stok bahan mobil yang akan dipakai. Mobil-mobil Amerika tahun ‘50an jarang ditemui, bahkan kalau ada, sudah ditangan kolektor mobil yang tak mau mobilnya dirusak atau dibuat gaya seperti ini.

Tapi usah takut, walaupun bukan mobil Amerika, ada alternatif mobil yang bisa mengaplikasi gaya ini. Contohnya saja Tommy Rizky Gunawan yang berhasil mengubah mobil bongkok lawas asal Perancis, Citroen Traction Avant 11CV tahun 1934 ini menjadi sosok bengis bergaya Hot Rod. Atau bisa tiru gaya Michael Lesmana yang mengutuk VW kodok vintage-nya menjadi kodok beraliran So-Cal Look asal Amrik.

TAMPANG BODI YANG KHAS

Gaya ala Hot Rod atau Rat Rod khas Amerika seperti ini sebenarnya punya ciri khas tersendiri, walaupun terdapat sedikit perbedaan jika melihat perkembangannya di Jepang. Beberapa ciri khas pada bodi yang bisa dilihat antara lain:

ª Apron depan biasanya didesain grafis mural bercorak flame atau semburat api dengan warnanya bisa bervariatif. Pulasan pinstripe biasanya dipakai sebagai aksen di beberapa detail, seperti bagasi belakang, dan kap mesin depan.

ª Sebagian besar bodi mobil dicat dof, atau warna solid. Tapi tak menutup kemungkinan pigmen color effect bisa diaplikasi

ª Ceper mampus. Dimensi velg dan ban tidak oversize rim. Pres per, coak sasis atau ganti sasis. Velg standar biasanya dicat merah atau ditutup dop.

ª Kalau mau berkiblat pada gaya hidup Rockabilly, sematkan beberapa aksesori yang berbau musik pada zamannya.

(tulisan ini diambil dari MOTOR edisi 313, Rendy)

3 komentar

  1. salut …. punya koleksi vw? terima kasih


  2. wah rupanya teman2 masih gak bisa bedain mobil rockabilly hot rod dan rock n roll, vw tuh mah gak bisa masuk ke klass rockabilly, vw lebih pantas mausk ke klass mobil rock n roll jaman hippie flowers, rockabilly dan hippie JJJAAAUUUH banget bedanya bung… di banyak festival rockbilly rock n roll mobil juga di batasi tahunnya hinga thn 63, dan vw gak bisa masuk. bukannya anti vw atau apa tapi disini kalian ngomongin kelas yg beda, ok


  3. DIMANA YA GUE BISA DAPET CADILLAC?



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: