h1

REGULASI PIKAP DAN DOBEL KABIN DI KAWASAN BISNIS JAKARTA

November 19, 2007

Tulisan diambil dari majalah MOTOR edisi 315 h.164-166, penulis: Rendy

BEBAS BERTANGGUNG JAWAB

Peraturannya sama dengan mobil barang

Kini eranya mobil pikap dan dobel kabin merajalela di jalanan kota-kota besar. Tampangnya sangar, bisa muat cukup penumpang, fitur dan teknologinya makin canggih serta bisa muat barang banyak. Pokoknya multifungsi. Terbukti pihak pabrikan otomotif terus melansir produk-produk barunya seperti Mitsubishi Triton, Nissan Navara, Isuzu D-Max, dan Toyota Figo Hilux.

http://www.motordesktop.com/wallpaper/general/Toyota%20HiLux%202007%201%20-%201024×768.jpg
motordesktop.com

Namun banyak kesimpang siuran masalah pembatasan jalan kendaraan jenis ini di beberapa jalan protokol Jakarta, seperti pertanyaan, “Gosipnya mobil D-Cab enggak boleh lewat Sudirman, apa benar ya?” tanya Oeke Sobarin, pemilik Isuzu D-Max 2007. Atau Ronny, pemilik Toyota Hilux Vigo D-Cab yang malah bilang kalau doi bebas masuk jalur cepat di kawasan Sudirman-Thamrin. Wah, mana yang benar?

Nah, supaya enggak pusing, MOTOR coba konfirmasi pada pihak ATPM pembuat mobil pikap dan dobel kabin serta pihak Ditlantas Metro Jaya. Menurut Bambang Priandoyo, Public Affair Manager PT Ford Motor Indonesia, pikap dan D-Cab masuk kategori mobil barang dengan JBB (jumlah berat diperbolehkan) maksimum 5.500 kg. Pernyataan Bambang juga diamini Jerry Amran, Public Relation Office PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor selaku produsen Mitsubishi Triton dan L200 Strada.

triton.jpg

Berkenaan dengan penggolongan kategori tersebut, maka, “Peraturan 3 in One di kawasan pengendalian lalu lintas, tidak berlaku bagi mobil barang, namun tetap dalam jalur lambat atau jalur paling kiri,” tegas AKBP Agus Susanto S.Ik, Kasubdit Gakum Ditlantas Metro Jaya yang menunjuk Keputusan Gubernur Propinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor: 2054/2004 tanggal 6 September 2004 sebagai dasar peraturannya.

Ini berarti mobil jenis D-Cab dan pikap single cab diperbolehkan melewati kawasan jalanan protokol seperti Sudirman, MH. Thamrin, dan Gajah Mada, asalkan berada di jalur lambat atau lajur 1 dan 2. Dari peraturan ini juga, ternyata mobil pikap single cab atau D-Cab yang dikategorikan mobil barang boleh melewati jalanan protokol tanpa batasan waktu tertentu, dan tidak terikat peraturan 3 in 1.

Menguntungkan? Tentu saja. Peraturan ini menjadi patokan yang jelas bagi para pemilik single Cab dan D-Cab, namun jangan lupa untuk tetap menjaga keselamatan pribadi dan orang lain dengan tidak mengisi barang melebihi kapasitas dan tetap dikontrol keamanannya dengan menjalani KIR setahun dua kali. Rendy

Boks 1

PENTING NIH, MESTI DIBACA!

Agar lebih jelas, mari simak saja peraturan tentang mobil sekelas single cab dan D-Cab di jalanan protokol, yang ada di beberapa pasal keputusan Gubernur pasal ke-5 dan ke-7 dibawah ini.

Keputusan Gubernur Propinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor: 2054/2004 Tanggal 6 September 2004

PASAL PERTAMA

Penetapan Kawasan Pengendalian Lalu Lintas dan Kewajiban mengangkut Paling Sedikit 3 Orang Penumpang Per kendaraan pada ruas-ruas jalan tertentu di Propinsi DKI Jakarta.


PASAL KEDUA

Mobil Penumpang bukan umum dan mobil bus bukan umum yang memasuki dan atau berada di Kawasan Pengendalian Lalu Lintas wajib mengangkut penumpang paling sedikit 3 orang per kendaraan termasuk pengemudi.

PASAL KETIGA

Kawasan Pengendalian Lalu Lintas untuk pembatasan jumlah penumpang adalah:

  • Jl. Sisingamangaraja jalur cepat dan jalur lambat,
  • Jl. Jend. Sudirman jalur cepat dan jalur lambat,
  • Jl. MH. Thamrin jalur cepat dan jalur lambat,
  • Jl. Medan Merdeka Barat,
  • Jl. Majapahit,
  • Jl. Gajah Mada,
  • Jl. Pintu Besar Selatan,
  • Jl. Hayam Wuruk
  • Sebagian jalan Jl. Jend. Gatot Subroto dari Fly Over Senayan s/d Persimpangan Kuningan dan sebaliknya.

PASAL KEEMPAT

Kawasan Pengendalian Lalu Lintas diberlakukan mulai pukul 07.00 -10.00 WIB dan pukul 16.30-19.00 WIB.

PASAL KELIMA

Pemberlakuan Kawasan Pengendalian Lalu Lintas tidak diberlakukan pada hari Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional dan tidak berlaku bagi:

  1. Kendaraan Angkutan Umum:
  2. Mobil Barang khususnya jenis Pick Up dan Box dengan jumlah berat diperbolehkan maksimum 5.500 Kg,
  3. Kendaraan Dinas Operasional Pelayanan Fungsi Kota yang memerlukan penanganan mendesak antara lain:
    • Kendaraan Pemadam Kebakaran
    • Kendaraan Operasional PLN
    • Kendaraan Gangguan Telkom
    • Kendaraan Gangguan Penerangan Jalan Umum ( PJU )
    • Kendaraan Gangguan Rambu dan Lampu Lalu Lintas
    • Kendaraan TNI / Polri dan Dinas Perhubungan yang sedang bertugas
    • Kendaraan Corps Diplomatik yang memakai Bendera,
    • Kendaraan Ambulance dan
    • Sepeda Motor

PASAL KEENAM
Mobil Barang dengan jumlah berat diperbolehkan diatas 5.500 kg dilarang melintas Kawasan 3 in 1 pada pukul 06.00-20.00 WIB untuk ruas-ruas :

  1. Jl. Sisingamangaraja
  2. Jl. Jend. Sudirman
  3. Jl. MH. Thamrin
  4. Jl. Medan Merdeka Barat
  5. Jl. Majapahit
  6. Jl. Gajah Mada
  7. Jl. Pintu Besar Selatan dan
  8. Jl. Hayam Wuruk

PASAL KETUJUH

Mobil Barang dengan jumlah berat yang diperbolehkan maksimum 5.500 kg, bus dan sepeda motor dilarang melintas jalur cepat pada ruas:

  1. Jl. Sisingamangaraja
  2. Jl. Jend. Sudirman
  3. Jl. MH. Thamrin.

Untuk jalan-jalan yang tidak mempunyai jalur lambat meliputi:

  1. Jl. Medan Merdeka Barat
  2. Jl. Majapahit
  3. Jl.Gajah Mada
  4. Jl. Pintu Besar Selatan dan
  5. Jl. Hayam Wuruk

Diwajibkan mempergunakan lajur 1 dan 2 paling kiri.

PASAL KEDELAPAN

Pada jalan-jalan yang menuju Kawasan Pengendalian Lalu Lintas dipasang rambu-rambu lalu lintas dan rambu pelengkap sesuai kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: